Warga Cibogo Lembang KBB Terpapar Covid -19 Jadi 41 Orang, Potensial Bertambah

Adi Haryanto · Senin, 07 Juni 2021 - 14:27:00 WIB
Warga Cibogo Lembang KBB Terpapar Covid -19 Jadi 41 Orang, Potensial Bertambah
Petugas dari puskesmas dan tim Satgas Covid-19 desa saat monitoring ke salah satu rumah yang warganya sedang menjalani isolasi mandiri di Kampung Ciburial, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, KBB. (Foto: MPI/Adi Haryanto) 

BANDUNG BARAT, iNews.id - Jumlah warga positif terpapar Covid-19 di Kampung Ciburial, Desa Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terus bertambah. Berdasarkan data hasil tracing yang masuk ke Puskesmas Cikole, sebanyak 41 warga dinyatakan positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Sebelumnya baru diketahui 26 warga, hingga Minggu malam data yang masuk ada penambahan 15 lagi yang positif, jadi totalnya hingga kini 41 warga," kata Kepala Puskesmas Cikole Iyan Hartono, Senin (7/6/2021).

Iyan menjelaskan, sebanyak 41 warga tersebut sudah diminta untuk isolasi mandiri di rumahnya dan tidak beraktivitas. Kondisi mereka masuk kategori orang tanpa gejala sehingga bisa menjalani karantina secara mandiri.

"Mereka hanya mengalami gejala ringan seperti batuk dan pilek. Tapi tetap harus karantina sampai 14 hari," ujarnya. 

Pihaknya masih terus melakukan tracing kontak erat lainnya yang kemungkinan belum melakukan rapid test antigen. Hasil test dari kontak erat akan keluar beberapa hari kemudian, sehingga ada kemungkinan angkanya bisa bertambah lagi. 

"Kami juga terus monitor mereka yang karantina, perkembangan kesehatannya seperti apa. Desa juga sudah melakukan lockdown di lingkungan tempat tinggal warga sebagai pencegahan penularan yang lebih banyak," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi