Waduh, jika Kasus Covid Terus Naik, Simulasi PTM di Kota Bandung Bakal Dihentikan

Arif Budianto · Senin, 07 Juni 2021 - 13:37:00 WIB
Waduh, jika Kasus Covid Terus Naik, Simulasi PTM di Kota Bandung Bakal Dihentikan
Simulasi Pembelajaran tatap muka di SD dan SMP Santo Yusup, Jalan Jawa Kota Bandung. (Foto: iNews.id/Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung mengapresiasi jalannya simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) pada hari pertama untuk tingkat SD dan SMP. Kendati begitu, Pemkot Bandung sewaktu-waktu bisa menghentikan simulasi jika kasus Covid-19 terus menanjak.

"Kita tunggu sampai hari Jumat ini, kalau misalnya kasusnya terus naik, nanti saya akan kasih masukan kepada pak Wali dan Pak Wakil, apakah dihentikan," kata Sekda yang juga Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna di SD Santo Yusup Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (7/6/2021).

Kendati begitu, Ema tidak menjelaskan berapa batasan akan dihentikannya simulasi PTM ini. Ema akan mengacu pada apakah angka keterisian tempat tidur (BOR) di rumah sakit terus naik atau tidak. Saat ini, angka BOR di Kota Bandung sudah mencapai 79 persen.

Tak hanya saat simulasi, bila kasus terus menanjak, maka pihaknya juga mempertimbangkan tidak melaksanakan PTM pada Juli mendatang. Menurut dia, keselamatan siswa dan guru adakah nomor utama, ketimbang memaksakan tetap sekolah. 

Karena, menurut dia, pada dasarnya pendidikan tetap berjalan, walaupun digelar secara daring. Selain itu, kendati digelar PTM, sekolah juga tetap menggelar pembelajaran hibrid. Artinya, ada siswa yang ke sekolah dan tetap belajar online di rumah.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2