Wajah Kota Majalengka Makin Ciamik dengan Taman Baru Senilai Rp10 Miliar

Inin nastain · Rabu, 29 Desember 2021 - 16:08:00 WIB
Wajah Kota Majalengka Makin Ciamik dengan Taman Baru Senilai Rp10 Miliar
Salah satu titik di taman eks Mapolres Majalengka. (Foto: MPI/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Sejumlah ruang publik di Kabupaten Majalengka segera diresmikan dalam waktu dekat. Ada dua taman baru yang akan menambah referensi warga untuk mengisi waktu senggang di Majalengka.

Di bunderan Munjul, setelah pembenahan Taman Raharja, saat ini telah dibangun Taman Sejarah. Di tempat tersebut, masyarakat akan bisa melihat Majalengka tempo doeloe.

"Diisi sejarah Majalengka. Ada dalam bentuk relief. Diorama sejarahnya berdiri Majalengka, cerita-cerita legenda juga dalam bentuk diorama," kata Kepala Dinas PUTR Agus Tamim.

Selain Taman sejarah, ruang publik baru juga terdapat di bekas Mapolres Majalengka, Jalan  Bhayangkara. Namun, ruang publik terkahir ini belum ada penentuan nama.

"Kalau penamaannya belum ditentukan, masih dipikirkan. Ada pedestarian, musala, sama tempat-tempat dagangan juga, termasuk taman," ujar dia.

Selain dua ruang publik baru, pembenahan juga telah dilakukan di beberapa taman yang telah lebih dulu diresmikan. Taman Raharja adalah salah satu ruang publik yang proses pembenahan nya telah selesai dilakukan

"Joging area dipercantik. Ada tempat duduk juga," tuturnya.

Dijelaskannya, beberapa titik ruang publik baru itu rencananya akan mulai diresmikan pada pekan pertama Januari 2022 mendatang. Agus menegaskan, pihaknya sengaja tidak melakukan peresmian sebelum pergantian tahun guna menghindari kerumunan.

"Nanti tanggal 3 Januari 2022 Insya Allah diresmikan. Kalau pembangunannya udah 100 persen selesai. Dari awal Desember sudah selesai. Kita khawatir banyak mengundang perhatian banyak orang," kata Agus.

Sementara, untuk taman sejarah, pemerintah mengeluarkan anggaran sebesar Rp3,5 miliar. Untuk taman bekas Mapolres sebesar Rp6 miliar dan pembenahan Taman Raharja Rp1 miliar.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: