Wagub Uu Yakinkan Ponpes di Jawa Barat Disiplin Terapkan Prokes

Inin nastain · Rabu, 17 Februari 2021 - 19:03:00 WIB
Wagub Uu Yakinkan Ponpes di Jawa Barat Disiplin Terapkan Prokes
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum meyakinkan pondok pesantren di Jawa Barat disiplin prokes. (Foto: iNews.id/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memberikan perhatian khusus atas kasus ratusan santri di Tasikmalaya, yang positif Covid-19. Orang kedua di Pemprov Jabar tersebut meyakinkan bahwa protokol kesehatan (prokes) dilaksanakan di setiap pondok pesantrean (ponpes) di Jabar.

Namun Uu tidak menampik, ada beberapa ponpes yang memang kurang memerhatikan prokes. Akan tetapi, sebagian besar Pesantren diketahui cukup disiplin.

"Kami sudah evaluasi ternyata ponpes itu 99 persen mengikuti aturan. Hanya beberapa persen yang lengah, seperti di Cianjur kemarin mengakui mereka lengah. Asal para Kyai dan gugus tugas jangan lengah melaksanakan protokol kesehatan, Insya Allah selamat semua," kata Uu saat kunjungan ke Ponpes Modern Ar-Rahmat Palasah, Majalengka Rabu (17/2/2021).

Uu yakin, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di lingkungan pesantren tidak akan terulang. Syaratnya, ponpes itu benar-benar menerapkan prokes. Pembatasan aktivitas kunjungan, jadi salah satu yang perlu dilakukan.

"Kuncinya tolong ikuti juklak juknis yang ada dari gubernur seperti menerapkan protokol kesehatan, berkordinasi dengan dinas kesehatan setempat, harus ada gugus tugas dan tidak boleh keluar masuk seenaknya di pesantren," jelas dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2