Waduh, Batuk dan Demam Mulai Serang Ratusan Korban Gempa di Sukalarang Sukabumi

Dharmawan Hadi · Senin, 28 November 2022 - 17:30:00 WIB
Waduh, Batuk dan Demam Mulai Serang Ratusan Korban Gempa di Sukalarang Sukabumi
Kondisi warga Kampung Gedurahayu, Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, berada di tenda pengungsian. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Penyakit batuk dan demam mulai menyerang ratusan pengungsi korban gempa M5,6 Cianjur di Kampung Gedurahayu, Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Para pengungsi tersebut masih bertahan di tenda pengungsian karena takut gempa susulan. 

Saat ini para pengungsi membutuhkan obat-obatan. Selain itu juga warga yang masih bertahan di tenda pengungsian tersebut membutuhkan bantuan makanan siap saji maupun bahan makanan untuk dimasaknya. 

Ketua RW 10, Asep Supriyadi mengatakan, ada 26 posko pengungsian yang dibangun warga dan setiap poskonya diisi oleh 10 Kepala Keluarga (KK) hingga 20 KK. Untuk di RW 10 sendiri ada 5 RT yang terdampak gempa, yaitu RT 40, 41, 42, 43 dan 44.

"Sekarang bayi yang ada di pengungsiam mulai terserang batuk, apalagi orang dewasa juga batuk sama demam. Untuk yang ingin membantu penanganan di sini bawa obat-obatan," ujar Asep kepada MNC Portal Indonesia, Senin (28/11/2022). 

Lebih lanjut Asep mengatakan, yang dibutuhkan warga yaitu pasokan makanan buat kebutuhan mereka di dalam pengungsian, petugas mendistribusikan setiap malam dalam satu hari. Itu juga jika ada bantuan yang akan disalurkan, jika tidak ada, para pengungsi tidak dapat jatah makanan. 

Ratusan pengungsi di RW 10 ini, lanjut Asep, tidak semuanya rumahnya mengalami rusak berat. Namun hampir 70 persen dari 354 KK mengalami kerusakan sedang maupun ringan akibat gempa tersebut. 

"Pengungsi ini, tidak semuanya ambruk tapi rumahnya yang mengalami kerusakan di bagian dinding-dinding rumahnya. Apalagi gempa susulan sepekan ini terus terjadi dan dirasakan warga meski kecil. Jadi malam itu semua warga tidur di tenda," ujar Asep. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: