Wabup Garut: Kalau Ada ODGJ Dipasung, Segera Laporkan agar Ditangani

Antara ยท Jumat, 28 Oktober 2022 - 18:19:00 WIB
Wabup Garut: Kalau Ada ODGJ Dipasung, Segera Laporkan agar Ditangani
Pria ODGJ dirantai. (FOTO: ILUSTRASI)

GARUT, iNews.id - Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meminta masyarakat segera melapor ke pemerintah setempat jika ada orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) dipasung. Laporan akan ditindaklanjuti oleh petugas khusus dari Pemkab Garut agar ODGJ itu dibawa ke rumah sakit.

"Tidak ada (dipasung). Kalau ada yang dipasung nanti laporkan. Kami akan turun ke lapangan. Jangan sampai ada ODGJ yang dipasung di Garut. Penyakit jiwa juga sama penyakit," kata Helmi Budiman saat kegiatan evakuasi ODGJ untuk mendapatkan penanganan medis di Klinik Atma, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Kamis (28/10/2022).

Helmi Budiman menyatakan, dalam penanganan ODGJ tidak harus dipasung, tetapi ditangani secara benar dengan melakukan perawatan medis di rumah sakit jiwa.

Salah satunya yang telah dilakukan Pemkab Garut, ujar Helmi Budiman, Pemkab Garut membawa 28 ODGJ dari sejumlah daerah untuk dirawat. Pemkab Garut juga membangun Klinik Atma yang dikhususkan untuk penanganan pasien ODGJ.

"Jadi sebenarnya ini adalah klinik terbesar di Indonesia dan perjalanannya panjang, dari mulai saya ketika di DPRD waktu itu Puskesmas Kersamanah dan Cibatu mendapatkan predikat paling banyak penyakit jiwa," ujar Helmi Budiman.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: