Viral, Ridwan Kamil Pamer Baju Batik Ironman Telor Ceplok di Medsos

Asep Supiandi ยท Selasa, 13 April 2021 - 21:56:00 WIB
Viral, Ridwan Kamil Pamer Baju Batik Ironman Telor Ceplok di Medsos
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memamerkan baju batik melalui media sosial. (Foto: Istimewa)

PURWAKARTA, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pamer baju batik di Instagram. Batik yang dikenakan gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini didesainnya sendiri dan diberi nama 'Batik Ironman Telor Ceplok'.

"Saya desain Megamendung dengan pola circular, ditambahi matahari yang dikelilingi delapan kujang kencana. Diniatkan menolong para pengrajin batik Cirebon. Tapi oleh para pengrajin cerita itu terlalu rumit. Mereka manamai batik ini Batik RK. Gitu aja katanya. Yo wis band," tulis Kang Emil dalam akun Instagramnya.

Menurutnya, banyak peminat batik dari hasil desainnya. Hingga saat ini sudah laku terjual hingga ribuan potong. " Ternyata alhamdulillah jadi favorit. Terjual sudah laku 2500-an potong pakaian dan terjual kain pola sebanyak 6000 yard," ujar dia.

Kang Emil pun mengaku senang mendengar kabar batik tersebut laku keras dan bisa menghidupi perajin batik di Cirebon. 

"Silakan juga UKM merek batik-batik yang lain jika mau kolaborasi dengan saya. Setidaknya ada cara lain dalam mempromosikan produk UKM melalui interaksi desain. Buat apa ilmu dan power of viral jika tidak dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat," ucapnya.

Postingan baju batik tersebut sontak saja viral dan disukai sebanyak 52.472 dan beragam respons positif di kolom komentarnya.

"Kunaon tiasa terinspirasi ka endog ceplok kang? Bisi aya filosofina? Tp keren kang," tulis akun @a.zain1222

"Next telor dadar kang," timpal akun @apriansurohman

Editor : Asep Supiandi