Viral, Petugas Rel Kereta Api Buang Sampah ke Bantaran Sungai, Ini Penjelasan KAI

Arif Budianto ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 12:12:00 WIB
Viral, Petugas Rel Kereta Api Buang Sampah ke Bantaran Sungai, Ini Penjelasan KAI
Screenshot petugas rel KAI membuang sampah sembarangan. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Sebuah video yang menunjukkan tiga petugas rel kereta api membuang sampah ke bantaran sungai viral di media sosial. Video tersebut mendapat respons netizen dan menyayangkan perbuatan mereka

Pada video itu, tampak tiga orang berseragam oranye sedang membuang sampah dari atas jembatan kereta api. Petugas itu tampak membawa tumpukan sampah di atas roli, dan langsung membuangnya ke bantaran sungai. 

Informasi yang dihimpun MPI, peristiwa tersebut terjadi di bantaran Sungai Cisokan, Desa Ciranjang, Cianjur, Jabar. 

Ketika dikonfirmasi, Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, kejadian tersebut terjadi hari Minggu kemarin, di mana petugas perawatan jalan rel dari pihak ketiga  saat itu sedang melaksanakan pembersihan sampah di sepanjang jalur KA di dekat jembatan tersebut. Pembersihan dilakukan karena sampah yang terbawa dari selokan dikhawatirkan akan membahayakan perjalanan KA.

"Namun memang seharusnya sampah tersebut dimasukkan karung dan dibuang ke tempat pembuangan sampah seperti biasanya, namun saat itu karung yang semestinya dibawa tertinggal sehingga mereka berinisiatif untuk membuang di bantaran sungai yang jauh dari aliran sungai," ujar dia.

Kendati begifu, kata dia, pihaknya telah memerintahkan kembali kepada petugas agar sampah yang dibuang diambil kembali. Saat ini, kondisi bantaran sungai telah bersih tak ada sampah buangan tiga petugas itu.

"Kami atas nama PT KAI memohon maaf atas kejadian tersebut, saat ini petugas yang melakukan kelalaian tersebut sudah kami lakukan pembinaan pada hari ini, disertai membuat surat pernyataan tidak akan  mengulangi hal tersebut dan siap menerima sanksi," ucap dia. 

Editor : Asep Supiandi