Diduga akibat Mudik Lebaran, Puluhan Santri di Majalengka Positif Covid-19

Inin nastain ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 12:06:00 WIB
Diduga akibat Mudik Lebaran, Puluhan Santri di Majalengka Positif Covid-19
Petugas dari BPBD tampak merapikan tempat isolasi di SKB. (Foto: MPI/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Puluhan santri di Pesantren Al-Qur'aniyyah, Kelurahan Majalengka Wetan, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid 19. Untuk memutus mata rantai penyebaran, mereka akan diisolasi di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Majalengka.

Bupati Karna Sobahi mensinyalir, munculnya kasus di pesantren itu sebagai dampak dari mudik Lebaran beberapa waktu lalu. “Pesantren Al-Qur'aniyyah ada 38 yang terkonfirmasi. Itu kan akibat pulang dari kampungnya ke sini,” kata karna, Selasa (15/6/2021).

Sebagai tindak lanjut dari munculnya kasus terkonfirmasi itu, jelas dia, para santri di pesantren tersebut akan segera diisolasi ke SKB. Di luar itu, Bupati juga meminta pihak pesantren melakukan langkah-langkah di lingkungan mereka.

“Sekarang saya mau isolasi di SKB yang 38 itu, akan dipetakan mereka itu. (awalnya) Mau cari rumah katanya. Di mana orang yang mau menerima dengan jumlah 38 orang. Saya minta kepada penyelenggara lembaga itu juga ikut bertanggung jawab, tidak hanya menyerahkan kepada pemerintah,” ujar dia.

Sementara, pantauan MPI di SKB, sejumlah petugas dari BPBD Majalengka dan Kodim tampak melakukan persiapan di tempat isolasi itu. Setiap ruang isolasi terdapat satu tempat tidur dan satu kamar mandi. Di setiap ruang juga terdapat pendingin AC.

Info dari petugas BPBD, jumlah santri yang akan diisolasi ke SKB sebanyak 21 orang, dari kalangan santri putri. Sisanya, menjalani isolasi mandiri di pesantren.

Editor : Asep Supiandi