Vaksinasi Nakes Belum 100 Persen, Dinkes KBB Ungkap Berbagai Kendala

Adi Haryanto ยท Kamis, 25 Februari 2021 - 17:48:00 WIB
Vaksinasi Nakes Belum 100 Persen, Dinkes KBB Ungkap Berbagai Kendala
Vaksinasi di KBB masih terus berjalan dan belum mencapai 100 persen. (Foto: Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Realisasi vaksinasi kepada para tenaga kesehatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum mencapai 100 persen. Pencapaian tersebut baik pelaksanaan vaksinasi nakes untu tahap I maupun tahap II. 

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan, KBB, hingga saat ini pelaksanaan vaksinasi C0vid-19 tahap I dosis I terhadap nakes sudah mencapai 91,9 persen. Sementara untuk dosis II baru menyentuh angka 63,4 persen.

"Sejak dilakukan vaksinasi serentak ke nakes pada 14 Januari lalu, memang untuk tahap satu dosis satu baru 91,9 persen. Sedangkan untuk dosis dua baru menyentuh angka 63,4 persen dan saat ini terus berproses," kata Kepala Bidang P2P, Dinas Kesehatan, KBB, Mulyana, Kamis (25/2/2021).

Dia menargetkan untuk tahap satu dosis satu bisa selesai 100 persen dalam waktu dekat karena tinggal sedikit lagi. Namun untuk yang dosis dua memang masih sangat banyak. Oleh sebab itu dirinya sudah meminta ke jajaran pelaksana vaksinasi di rumah sakit ataupun puskesmas untuk meningkatkan jumlah kuota penyuntikan dari 45 orang/hari jadi 60 orang/hari.

Disinggung soal kendala yang dihadapi sehingga progres vaksinasi berjalan lambat dan belum mencapai 100 persen, dia menyebutkan karena ada beberapa kendala nonteknis. Seperti data yang belum bisa di-entry, perbedaan data nakes yang terdaftar, sampai nakes yang mengalami gangguan kesehatan. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2