Usai Santap Olahan Kulit Sapi, Puluhan Warga Cibeber Cianjur Dilarikan ke Puskesmas

Mochamad Andi Ichsyan ยท Jumat, 07 Mei 2021 - 11:28:00 WIB
Usai Santap Olahan Kulit Sapi, Puluhan Warga Cibeber Cianjur Dilarikan ke Puskesmas
Seorang pasien yang diduga keracunan olahan kulit sapi sedang menjalanji perawatan medis di Puskesmas Cibeber, Cianjur. (Foto: iNewsTv/Mochamad Andi Ichsyan)

CIANJUR, iNews.id - Puluhan warga Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, mendadak dilarikan ke puskesmas lantaran mengalami gejala sama, yakni mual dan muntah secara massal. Gejala itu mereka alami seusai menyantap olahan kulit sapi yang dibeli dari pedagang keliling.

Para korban merupakan warga dari tiga kampung, yakni Ciaul, Cimenteng dan Sudakarang, Desa Salagedang, Kecamatan Cibeber/Kabupaten Cianjur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejak malam hingga siang ini, jumlah korban dugaan keracunan massal ini mencapai 29 orang dan satu di antaranya dalam kondisi kritis. Terlebih yang bersangkutan sedang hamil sehingga harus dirawat di RSUD CIanjur.

"Gejalanya rata-rata pusing, mual dan diare.  Warga mengalami hal itu setelah makan makanan olahan kulit sapi," kata Siti Saadah, warga setempat, Jumat (7/5/2021).

Dari Puskesmas Cibeber, sebagian warga yang diduga keracunan ini sudah mulai membaik dan mereka diperbolehkan pulang. Hanya empat warga yang masih harus menjalani perawatan di IGD Puskesmas Cibeber.

Sementara itu, pihak kepolisian pun sudah melakukan penyelidikan dengan mengamankan beberapa sampel makanan untuk kemudian diperiksa di laboratorium.

Editor : Asep Supiandi