Unik, Arsitektur Bangunan Pondok Pesantren di Banjaran Bandung Ini Mirip Kerajaan Sunda

Dila Nashear ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 10:08:00 WIB
Unik, Arsitektur Bangunan Pondok Pesantren di Banjaran Bandung Ini Mirip Kerajaan Sunda
Arsitektur bangunan pesantren di Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung ini, mirip kerajaan Sunda. (FOTO: DILA NASHEAR)

BANDUNG, iNews.id - Ketika berada di Pondok Pesantren (Ponpes) Mukhul Ibadah Kadaun Seureuh, Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung serasa di zaman kerajaan. Kendati bangunannya belum sepenuhnya sempurna, tetapi saat memasuki pesantren di Jalan Kiara Payung itu nampak masjid bergaya Timur Tengah dan khas kerajaan Sunda.

Desain bangunan di bagian dalam Ponpes Mukhul Ibadah Kadaun Seureuh itu pun tak kalah unik. Pasalnya, menuju area pondokan para santri, berdiri gerbang kokoh berbentuk candi yang disusun dari batu bata merah.

Kemudian, terdapat juga gazebo, rumah-rumah panggung berbahan kayu khas nusantara beserta simbol-simbol merah putih menghiasi salah satu pesantren di kawasan Banjaran, Kabupaten Bandung itu.

Selain dari sisi arsitektur bangunan yang menyedot perhatian, penampilan para santri di ponpes yang berada di lahan seluas 2 hektare ini pun berbeda dengan yang lain. Santri laki-laki setiap hari memakai iket dan pangsi.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: