UNESCO Tinjau Ulang Status Geopark Ciletuh, Guru Besar Unpad: Bisa Kartu Merah atau Hijau

Arif Budianto ยท Rabu, 25 November 2020 - 19:15:00 WIB
UNESCO Tinjau Ulang Status Geopark Ciletuh, Guru Besar Unpad: Bisa Kartu Merah atau Hijau
Pantai Palangpang salah satu keindahan alam di Geopark Ciletuh (Foto: Instagram@ayodolan)

BANDUNG, iNews.id - Guru Besar Universitas Padjadjaran (Unpad) menilai status Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan sangat tergantung pada pengembangan selama beberapa tahun terakhir. United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) berencana akan meninjau ulang status Geopark Ciletuh-Palabuhanratu pada 2021 mendatang.

Guru Besar Fakultas Teknik Geologi Unpad Mega Fatimah Rosana mengatakan, peninjauan ulang Unesco bertujuan untuk menentukan apakah Geopark Ciletuh-Palabuhanratu masih layak ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp).

“Ini sesuai aturan. Kita dapat penetapannya 5 tahun sekali. Pas di tahun ke-4 kita akan divalidasi kembali,” kata Mega, dalam keterangan resmi Unpad, Rabu (25/11/2020).

Diketahui, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp) sejak 2018. Menginjak tahun ke-4, yaitu 2021, Unesco akan memvalidasi kembali status Geopark Ciletuh untuk menilai sejauh mana progres dari pengembangan kawasan tersebut.

Editor : Agus Warsudi