Ular Sanca Kembang 3,5 Meter di Dalam Sumur Gegerkan Warga Cimuntuk Purwakarta

Irwan ยท Kamis, 29 Juli 2021 - 15:26:00 WIB
Ular Sanca Kembang 3,5 Meter di Dalam Sumur Gegerkan Warga Cimuntuk Purwakarta
Petugas Animal Rescue dan warga Kampung Cimuntuk Purwakarta berusaha menangkap ular dari dalam sumur. (Foto: iNews.id/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.id - Seekor ular sanca kembang berukuran besar menggegerkan warga Kampung Cimuntuk, Desa/Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Kamis (29/7/2021). Reptil itu ditemukan di dalam sumur setelah sebelumnya sempat diburu warga.

Warga yang merasa khawatir melaporkan penemuan itu kepada petugas Animal Rescue untuk dilakukan penangkapan. Setelah mendapat laoran, petugas pun mendatangi lokasi.

Dengan dibantu warga, petugas berusaha menangkap ular yang lari ke dalam sumur. Reptil itu baru bisa ditangkap setelah air dalam sumur di kuras. Ular sepanjang 3,5 meter dengan diameter sebesar betis orang dewasa itu akhirnya berhasil dievakuasi.

Begitu, ular diangkat dari dalam sumur, warga yang sebelumnya berkerumun terlihat ketakutan. Mereka berlarian menjauhi ular yang sudah ditangkap.   

Ular sanca atau piton itu kemudian dimasukkan ke dalam karung dan disimpan ke dalam boks pengaman agar tidak membahayakan. Selain menangkap ular, petugas dan warga juga menemukan 30 butir ular sanca di rumpun bambu sekitar sumur.

"Ular sanca ini awalnya ditemukan warga yang mau mengambil air di sumur. Lalu memberitahukan ke warga lain hingga warga satu kampung resah. Mereka khawatir dipatuk ular tersebut," kata  petugas Animal Rescue, Anshar Rizal.  

Dari 30 telur itu, satu butir terlihat akan menetas dan oleh warga dimusnahkan. Sementara 15 telur lainnya diamankan petugas dan rencananya ular berikut telurnya akan diserahkan kepada komunitas pecinta reptil. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: