Tumis Tutut Berisi Sabu dan Obat Terlarang Gagal Diselundupkan ke Lapas Jelekong Bandung

Agus Warsudi · Jumat, 14 Januari 2022 - 13:20:00 WIB
Tumis Tutut Berisi Sabu dan Obat Terlarang Gagal Diselundupkan ke Lapas Jelekong Bandung
Sabu dan obat terlarang nyaris diselundupkan ke Lapas Jelekong. (Foto: Ilustrasi/Ist)

BANDUNG, iNews.id - Pemuda bernama Dede Sinda, ditangkap petugas Lapas Kelas IIA Bandung atau Lapas Jelekong. Dede tertangkap tangan hendak menyelundupkan sabu dan obat terlarang ke lapas khusus narkoba itu.

Untuk mengelabui petugas Dede menyelundupkan sabu dan obat terlarang jenis Dumolid itu disembunyikan dalam olahan tumis tutut (keong) dan kue. 

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (13/1) pagi. Awalnya Dede datang ke Lapas Jelekong dengan membawa kue dan tumis tutut. Petugas kemudian memeriksa makanan yang dibawa Dede. Setelah pemeriksaan, petugas menemukan barang haram sabu dan Dumolid dalam makanan itu.

"Petugas menemukan satu bungkusan plastik yng diduga sabu dan 15 butir obat terlarang diduga Dumolid yang diselipkan ke dalam makanan ringan jenis kue kering dan olahan makanan jenis keong (tutut)," kata Kalapas Jelekong Faozul Ansori dalam keterangan tertulis, Jumat (14/1/2022). 

Petugas kemudian mengamankan Dede Sinda dan barang bukti. "Pengantar diketahui akan menitipkan barang bagi narapidana atas nama Tatang melalui layanan kunjungan," ujar Faozul. 

Dari penggagalan tersebut, petugas mengamankan satu bungkus plastik berisi sabu seberat 0,5 gram dan 15 butir obat terlarang diduga Dumolid. Petugas kemudian melakukan pengecekan terhadap napi Tatang. Dari hasil pemeriksaan, Tatang mengaku tak tahu dikunjungi oleh Dede.

"Saat diamankan, narapidana atas nama Tatang tidak mengetahui akan dikunjungi pengantar barang," tutur Kalapas Jelekong. 

Lapas Jelekong melimpahkan perkara ke Satuan Reserse Narkoba Polresta Bandung untuk ditindaklanjuti. Dede Sinda, pengantar barang serta barang bukti sudah dilimpahkan ke polisi.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: