TPA Sarimukti Cipatat KBB Overload, DLH Usul Penambahan Luas 18 Hektare

Adi Haryanto ยท Sabtu, 18 Juni 2022 - 16:36:00 WIB
TPA Sarimukti Cipatat KBB Overload, DLH Usul Penambahan Luas 18 Hektare
Aktivitas truk sampah TPA Sarimukti. (Foto: Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), saat ini kondisinya sudah overload. Untuk mengatasi masalah itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengusulkan penambahan luas TPA sekitar 18 hektare.

Kepala DLH KBB Anugrah mengatakan, overload terjadi karena volume sampah dari wilayah se-Bandung Raya yang dibuang ke tempat tersebut terus mengalami peningkatan. Jika luas TPA tak ditambah, meski TPA Legoknangka telah bisa digunakan, namun nanti tidak semua sampah bisa dibuang ke sana karena ada kuota di masing-masing wilayah.

"Lahan TPA yang sekarang memang sudah overload. Nantinya kami akan perluas, di lahan baru, tapi masih di Sarimukti sekitar 18 hektare," kata Kepala DLH KBB Anugrah, Sabtu (18/6/2022).

Menurut Anugrah, perluasan lahan TPA Sarimukti dibutuhkan karena kapasitas TPA Sarimukti yang hanya seluas 25 hektare saat ini telah mengalami over load. Belum lagi nantinya tidak semua sampah dari KBB bisa dibuang ke TPA Legoknangka. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: