Irigasi Jebol akibat Banjir Bandang di KBB , 10 Hektare Sawah Terancam Kekeringan

Adi Haryanto · Kamis, 16 Juni 2022 - 17:06:00 WIB
Irigasi Jebol akibat Banjir Bandang di KBB , 10 Hektare Sawah Terancam Kekeringan
Lahan sawah yang terendam dan rusak akibat banjir bandang yang menerjang kawasan Gununghalu, Kecamatan Gununghalu, KBB, termasuk merusak tanggul irigasi. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Puluhan hektare sawah di Desa Gununghalu, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terancam kekeringan. Ancaman itu terjadi pascabanjir bandang yang menerjang wilayah tersebut. 

Pasalnya tanggul pengairan Irigasi Gunung Sumul di RW 11 Desa Gununghalu jebol diterjang banjir bandang akibat meluapnya debit air dari Sungai Cipaku yang terjadi pada Minggu (12/6/2022) lalu.

"Tanggulnya jebol saat banjir bandang kemarin dan seluruh material penghalang tanggul ludes terbawa arus air sungai," terang Kepala Desa Gununghalu, Isep Heriatna, Kamis (16/6/2022).

Menurutnya, keberadaan tanggul irigasi tersebut sangat vital bagi pengairan area persawahan di wilayah Gununghalu. Terlebih di saat musim kemarau, karena irigasi itu menjadi sumber pasokan air untuk area persawahan. 

Namun dikarenakan tanggul tersebut jebol maka otomatis untuk pengairan sawah jadi terganggu. Padahal dalam kondisi normal irigasi tersebut bisa mengairi sedikitnya sekitar 10 hektare (Ha) lahan sawah. 

"Jebolnya tanggul itu menyebabkan area sawah sekitar 10 hektare terancam kekeringan karena kekurangan pasokan air," sebutnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: