Hoaks Bertebaran di Jabar, Konten Dikemas Lewat Gaya Satire dan Parodi 

Agung Bakti Sarasa · Kamis, 16 Juni 2022 - 16:26:00 WIB
Hoaks Bertebaran di Jabar, Konten Dikemas Lewat Gaya Satire dan Parodi 
Hoaks masih bertebaran di Jabar, di antaranya melalui konten bergaya satire dan parodi yang banyak menyebar di medsos. (Foto: Ilustrasi) 

BANDUNG, iNews.id - Hoaks atau kabar bohong masih marak di Jawa Barat. Melalui media sosial (medsos), para penyebar hoaks kini menggunakan konten yang dikemas lewat gaya satire dan parodi. 

Jabar Saber Hoaks (JSH), sebuah unit kerja di bawah naungan Pemprov Jabar mencatat, sejumlah informasi hoaks yang dibalut oleh gaya satire dan parodi di medsos. Sedikitnya ada 11 konten hoaks masuk dalam kategori satire dan parodi tersebut. 

Kordinator Divisi Pelayanan Aduan dan Pemeriksa Fakta JSH, Rd Tommy Sutami mengatakan, kemudahan memproduksi konten lewat medsos mendorong orang untuk memproduksi konten apapun yang menarik untuk mencuri perhatian masyarakat. 

"Termasuk dengan konten-konten lucu, baik itu satire dan parodi. Kami catat ada 11 konten hoaks yang masuk kategori tersebut," ujar Tommy, Kamis (16/6/2022).

Konten hoaks yang masuk dalam kategori satire dan parodi tersebut, pertama terkait anggota polisi yang dimutasi ke Papua Barat lantaran anaknya menghina Idola Pop Korea (K-Pop idol).

"Kedua, beredar postingan di media sosial Facebook, sebuah video yang berasal dari aplikasi TikTok dan diklaim sebagai video sekumpulan orang yang sedang menangkap Covid-19 dan dimasukkan ke dalam botol," katanya.

Ketiga, beredar pula foto pada unggahan di Facebook yang menampilkan dua wanita dengan wajah yang terlihat muda di sebelah kiri disertai dengan tulisan "Sebelum" dan wajah wanita nampak tua dan keriput pada sebelah kanan dengan tulisan "Sesudah". 

Di antara foto tersebut, terdapat tulisan "VAKSIN". Foto tersebut diberi keterangan "Cebong pasti siap utk di vaksin Sinovac. Malu dong jadi cebong kalau sampai gk mau di vaksin?? ...

Keempat, sebuah gambar yang memperlihatkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan diklaim mengenakan baju Lebaran ASN.

"Nampak pada gambar terlihat Pak Luhut mengenakan baju dengan motif berbagai kemasan minyak goreng," tuturnya. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: