Top! Diplomasi Batik Gubernur Ridwan Kamil Disukai Media dan Publik Korsel

Agus Warsudi · Kamis, 27 Mei 2021 - 22:56:00 WIB
Top! Diplomasi Batik Gubernur Ridwan Kamil Disukai Media dan Publik Korsel
Leeteuk Super Junior memakai kemeja batik desain Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Instagram xxteukxx)

BANDUNG, iNews.id — Diplomasi budaya melalui batik rancangan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil untuk dua personel boyband Super Junior, yakni Leeteuk dan Yesung, mendapat sorotan positif dari news.naver.com. Situs ini merupakan agensi berita online terbesar di Korea Selatan (Korsel) yang dioperasikan oleh Naver Corporation. 

Diketahui, batik yang dikenakan oleh Leeteuk dan Yesung bermotif Garuda Kujang Kencana dengan kombinasi mega mendung dan kawung. Batik ini didesain khusus oleh Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sebagai hadiah bagi para duta besar yang berkunjung ke rumah dinas Gedung Negara Pakuan. 

Garuda kujang kencana merupakan motif yang mengusung tema wibawa, religius, dan nasionalis. Motif mega mendung menggambarkan kehidupan manusia secara utuh dan motif kawung memiliki makna keadilan dan kesejahteraan. 

Dalam batik tersebut tampak gambar burung garuda yang melambangkan dasar negara Indonesia, senjata tradisional kujang dan inisial nama Ridwan Kamil yakni R dan K. 

Sejak Leeteuk dan Yesung Super Junior mengunggah posenya dalam balutan batik, jumlah likes dalam unggahannya tersebut kini telah mencapai sekitar 500.000 dan 460.000. 

Dalam artikel berjudul “Alasan Super Junior Pakai Batik Indonesia Pencernaan Inovatif", dijelaskan awal mula diplomasi budaya melalui batik terjalin pada saat Ridwan Kamil menerima kunjungan dari Duta Besar Korsel di Gedung Negara Pakuan.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2 3