Tolak Prokes, Warga Bawa Jenazah Suspect Covid-19 di Indramayu Pakai Pikap

Toiskandar ยท Jumat, 12 Maret 2021 - 21:29:00 WIB
Tolak Prokes, Warga Bawa Jenazah Suspect Covid-19 di Indramayu Pakai Pikap
Ilustrasi pemakaman Covid-19

INDRAMAYU, iNews.id - Warga di Kabupaten Indramayu nekat membawa pulang jenazah suspect Covid-19 menggunakan mobil pikap. Mereka menolak pemakaman jenazah dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes).

Peristiwa itu terjadi di RSUD Indramayu pada Selasa (11/3/2021) sekitar pukul 07.30 WIB. Keluarga tetap memaksa membawa pulang jenazah suspect Covid-19 ke wilayah Kecamatan Pasekan, meski sudah diberi pengertian oleh petugas rumah sakit.

"Benar adanya peristiwa itu. Pasien tersebut sebelumnya dinyatakan reaktif Covid-19, namun begitu meninggal hasil swab belum keluar. Kami meminta agar pihak keluarga menjalankan prokes dalam pemulasaraan jenazah. Tapi mereka awalnya menolak menggunakan prosedur itu," kata juru bicara Satagas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, Jumat (12/3/2021).

Tim medis terus berupaya membujuk keluarga jenazah agar mau menerapkan prokes. Akhirnya, mereka mau menerapkan prokes setelah jenazah berada di rumah duka. Pada saat itu warga yang memulasara jenazah memakai APD, tapi tidak semuanya.

"Kami kirim APD ke lokasi, namun tetap tidak maksimal. Sebagian ada yang tidak menggunakan APD saat prosesi pemakaman berlangsung," ujar dia.

Tentu saja peristiwa ini sangat disesalkannya. Satgas Covid-19 Indramayu bergerak cepat dengan melakukan pendataan dan tracking pada warga yang kontak erat dengan jenazah.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: