Tim SAR Sisir Perairan Batu Bodas Pangandaran, 3 Nelayan Tenggelam Belum Ditemukan

Agus Warsudi · Rabu, 02 Juni 2021 - 22:17:00 WIB
Tim SAR Sisir Perairan Batu Bodas Pangandaran, 3 Nelayan Tenggelam Belum Ditemukan
Tim SAR menyisir perairan Batu Bodas, Pangandaran untuk mencari tiga nelayan yang hilang. (Foto: Basarnas Bandung)

PANGANDARAN, iNews.id - Tim search and rescue (SAR) gabungan telah melakukan penyisiran di perairan Batu Bodas, Kabupaten Pangandaran untuk mencari tiga nelayan yang tenggelam. Namun operasi SAR hari kedua ini belum berhasil menemukan korban.

"Hingga pukul 17.00 WIB, tim SAR gabungan telah melakukan pencarian terhadap tiga nelayan yang hilang setelah perahu mereka terbalik pada Selasa (1/6/2021) sekitar pukul 19.30 WIB di Perairan Batu Bodas, Pangandaran dengan hasil pencarian masih nihil," kata Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung Deden Ridwansah melalui Humas Kantor SAR Bandung, Rabu (2/6/2021).

Deden mengemukakan, Basarnas Bandung menerima infromasi dari Unit Siaga SAR Pangandaran pada Rabu (2/6/2021) pukul 06.00 WIB. Basarnas Bandung lalu memberangkatkan satu tim rescue dari Unit Siaga SAR Pangandaran menuju lokasi kejadian pada pukul 06.20 WIB untuk melakukan pencarian bersama unsur lain 

Berdasarkan laporan yang diterima, ujar Deden, perahu nelayan yang terbalik tersebut berisikan lima nelayan asal Pasar Ikan Pangandaran yang tengah mencari ikan layung di Perairan Batu Bodas, Cipoek pinggir tebing Cagar Alam Pangandaran.

Tiba-tiba datang ombak besar menghantam perahu hingga terbalik dan terbentur karang. Perahu karam penuh air. Dua nelayan selamat dan tiga tenggelam dan saat ini masih dalam pencarian tim SAR gabungan. 

"Dua korban selamat antara lain, Iwan dan Ee. Sedangkan tiga nelayan dalam pencarian antara lain Ade Rapi, Asep dan Agun," ujar Deden.

Deden menuturkan, berdasarkan pertimbangan teknis di lapangan, pencarian ketiga nelayan tersebut dihentikan sementara dan akan dilanjutkan esok hari pukul 07.00 WIB. 

"Unsur SAR yang terlibat yaitu Unit siaga SAR Pangandaran, Satpolair Polres Ciamis, Pos AL pangandaran, SAR Baracuda, SAR MTA, SIGAB Persis, Duckdive Batukaras, Spearfishing, dan Balawista," tutur Kepala Basarnas Bandung.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: