Tim Saber Pungli Jabar Selidiki Dugaan Pemalsuan Kualitas Beras BPNT di KBB

Agung Bakti Sarasa ยท Sabtu, 07 Agustus 2021 - 11:43:00 WIB
Tim Saber Pungli Jabar Selidiki Dugaan Pemalsuan Kualitas Beras BPNT di KBB
Pembagian beras bagi warga terdampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Jawa Barat menemukan indikasi pemalsuan kualitas beras program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk mengungkap dugaan itu, Tim Saber Pungli Jabar melakukan penyelidikan.

Berdasarkan hasil investigasi Tim Saber Pungli Jabar, program BPNT yang bertujuan membantu perekonomian keluarga prasejahtera itu tampaknya hanya menjadi lahan basah untuk memperkaya segelintir suplier nakal, oknum TKSK, oknum koordinator bansos, oknum petugas PKH, dan oknum lainnya.

Tim Saber Pungli Jabar yang melakukan investigasi ke lapangan menemukan adanya indikasi pemalsuan kualitas beras. Temuan ini diperoleh di sejumlah keagenan di wilayah Kecamatan Cipongkor. Diduga, CV TKJ sebagai suplier BPNT hanya menjual karungnya saja yang sudah memiliki izin kemas dan izin edar dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Namun, beras yang diisikan bukan premium sebagaimana tercantum dalam keterangan di karung, melainkan beras non-premium. Tim Saber Pungli Jabar juga menemukan fakta lain di mana suplier mengirim komoditi buruk ke KPM di wilayah tersebut. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: