Terungkap, Ini Motif Emak-Emak di Sumedang Potong-Potong Bendera Merah Putih

Agus Warsudi, Sindonews ยท Kamis, 17 September 2020 - 08:34 WIB
Terungkap, Ini Motif Emak-Emak di Sumedang Potong-Potong Bendera Merah Putih
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi Adrimurlan Chaniago. (Foto iNews.id/Acep Muslim).

BANDUNG, iNews.id - Polres Sumedang mengungkap motif emak-emak yang memotong Bendera Merah Putih dengan gunting. Aksi tersebut direkam dan diunggah ke media sosial lalu viral.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago mengatakan, tiga pelaku, warga Kabupaten Sumedang, melakukan aksi itu bukan karena kebencian terhadap bendera negara Indonesia.

"P, pelaku yang menggunting bendera, A perekam video, dan DY yang mengunggah video ke media sosial. Mereka mengaku aksi pengguntingan bendera terjadi pada Selasa (15/9/2020) di rumah P," kataKombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago kepada wartawan di Mapolda Jabar, Rabu (16/9/2020)

Kombes Pol Erdi mengemukakan, pelaku P mengaku menggunting bendera dengan maksud hendak memberi efek jera pada anaknya yang menyandang disabilitas. Sebab anaknya selalu melakukan kebiasaan memegang mendera tersebut.

"Dalam penyelidikan dan pemeriksaan, seorang ibu yang menyobek (menggunting) bendera tersebut untuk mengingatkan atau memberi efek jera kepada anaknya," ujar Erdi.

Kabid Humas menuturkan anak tersebut setiap hari memegang bendera merah putih dan tak mau melepaskannya. P diduga marah sehingga pelaku menggunting bendera itu.

"Karena sudah terlalu lama dan setiap hari memegang bendera itu, ibunya (P) marah. Maka diguntinglah bendera tersebut di depan anaknya," tutur Kabid Humas.


Editor : Faieq Hidayat