Teruji di Cilegon Banten, Wabup Yakin Jalan Aspal Plastik Awet di Garut

fani ferdiansyah · Rabu, 16 Maret 2022 - 17:17:00 WIB
Teruji di Cilegon Banten, Wabup Yakin Jalan Aspal Plastik Awet di Garut
Sejumlah kendaraan melintasi jalan raya di kawasan Tutugan Leles, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Jalan di jalur Bandung-Garut ini setidaknya mengalami kerusakan parah. (Foto: iNews.id/Fani Ferdiansyah)

GARUT, iNews.id - Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meyakini kualitas plastik untuk pembangunan jalan akan lebih kuat dibandingkan aspal biasa. Menurutnya kekuatan jalan aspal plastik sudah teruji di daerah lain yang telah lebih dahulu menggunakannya.

"Ini menjadi awet dan kuat lebih ‘ngagaleser' (licin) dicampur aspal plastik. Disebut aspal plastik lebih kecil tidak ada pori-pori, jadi lebih awet," kata Helmi Budiman saat menanggapi program pembangunan jalan menggunakan aspal plastik di Garut, Rabu, (16/3/2022).

Pemkab Garut saat ini sudah melakukan penandatanganan kerja sama untuk pembangunan jalan aspal dengan perusahaan PT Chandra Asri Petrochemical dan Yayasan Bakti Barito Foundation. Jalan aspal plastik ini setidaknya telah diuji coba perusahaan dalam pembangunan jalan di sejumlah daerah seperti di Cilegon, Banten, yang hasilnya bagus dan lebih tahan lama.

"Aspal plastik yang digunakan di Cilegon ternyata bagus dan awet, setelah lebih dari empat tahun," ujar Helmi yang pernah menyempatkan waktunya meninjau langsung jalan aspal plastik di Cilegon.

Sebagai tahap awal, Pemkab Garut akan membangun jalan aspal plastik sepanjang 23 km meliputi wilayah Tarogong, Samarang, Kamojang, Bayongbong, Suci, Wanaraja dan beberapa daerah lainnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: