Ternyata Ini Lho Asal Usul Nama Sunda, Lebih Dulu Dikenal Sebelum Nusantara 

Arif Budianto · Minggu, 29 Agustus 2021 - 12:43:00 WIB
Ternyata Ini Lho Asal Usul Nama Sunda, Lebih Dulu Dikenal Sebelum Nusantara 
Pada bidang ilmu geologi Nusantara dikenal sebagai Sundaland. (Foto: Istimewa) 

BANDUNG, iNews.id - Sunda dikenal sebagai salah satu suku mayoritas di Jawa Barat. Sebuah nama suku yang warganya dikenal akan keramahan dan toleransinya, juga sangat familiar pada bidang keilmuan geologi-geografi.

Namun, mungkin tidak semua tahu dari mana asal usul nama Sunda, hingga dahulu kala Nusantara disebut sebagai Sunda Kelapa. Guru Besar Emeritus Geologi ITB Koesoemadinata menjelaskan tentang kata Sunda yang merujuk pada pandangan ahli Geologi Reinout van Bemmelen pada 1949. Menurut Bemmelen, istilah Sunda berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu Cuddha yang berarti putih.

“Konon menurut beliau, di zaman Pleistosen, di utara Bandung (saat ini) terbentuk gunung api raksasa yang dinamainya Gunung Sunda Purba,” ujarnya sebagaimana dirilis laman resmi Unpad.

Gunung api ini mengalami erupsi dengan sangat dahsyat dan menutupi wilayah di sekitarnya dengan abu vulkanik berwarna putih. Wilayah sekitar Gunung Sunda Purba diyakini sudah berpenduduk berdasarkan bukti yang ditemukan pada sejumlah artefak.

Oleh karena itu, jelas Prof. Koesoemadinata, daerah ini disebut sebagai Negeri Putih (Cuddha) atau cikal bakal sebagai Sunda Land. Penduduk yang mendiami wilayah tersebut kemudian dinamakan Orang Sunda.

Lebih lanjut dia menjelaskan, istilah Sunda dalam ilmu kebumian tidak ada hubungannya dengan nama etnis atau istilah politik. Bahkan, istilah Sunda dalam ilmu kebumian telah dikenal secara internasional. Istilah Sunda sudah lama dikenal untuk menyebut suatu wilayah yang terletak di belahan tenggara benua Asia. Nama Sunda konon lebih dulu disebut daripada nama Nusantara.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: