Terkendala Cuaca, Pencarian Hari ke-5 ABK KM Barokah asal Brebes di Perairan Subang Nihil

Asep Supiandi · Selasa, 08 Juni 2021 - 15:24:00 WIB
Terkendala Cuaca, Pencarian Hari ke-5 ABK KM Barokah asal Brebes di Perairan Subang Nihil
Tim SAR gabungan menyisir sejumlah spot di perairan utara Subang untuk menemukan ABK yang hilang. (Foto: Kantor SAR Bandung) 

SUBANG, iNews.id - Operasi pencarian terhadap anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Barokah asal Kabupaten Brebes, di perairan utara Subang, terkendala cuaca dan gelombang tinggi. Sehingga proses pencarian oleh tim SAR gabungan hingga hari kelima ini masih belum membuahkan hasil.

ABK bernama Bujal (50) itu masih belum diketahui nasibnya. Sementara tim SAR gabungan terus menyisir setiap spot yang dicurigai menjadi tempat ABK tersebut berada.

"Kendala yang dihadapi tim di lapangan yaitu  gelombang yang tinggi di Perairan Subang dan luasnya area pencarian. Peralatan dan alut SAR juga terbatas serta banyaknya hutan bakau di sepanjang pesisir pantai," kata Komandan Tim Rescue Kantor SAR Bandung, Nova Perdiana, Selasa (8/6/2021). 

Walaupun begitu, kata dia, tim terus melakukan penyisiran menggunakan 1 unit LCR. Adapun unsurs SAR terlibat yaitu Kantor SAR Bandung,  Polair Subang, BPBD Subang, UPT Pelabuhan Perikanan, Relawan Pasundan Subang,  KRI,  Syahbandar  dan Pos AL. 

Sebelumnya, pada Jumat (04/06/2021) lalu, KM Barokah dengan 13 ABK di dalamnya dilaporkan terbalik akibat dihantam ombak saat tengah menebar jaring di perairan Subang. Sebanyak 12 ABK berhasil menyelamatkan diri dan diselamatkan oleh nelayan setempat, sedangkan 1 ABK lainnya bernama Bujal (50) warga Brebes Jawa Tengah hilang dan masih dalam pencarian. 

Editor : Asep Supiandi