Terima SE soal Pengeras Suara Masjid, Kemenag Cimahi Susun Peta Dakwah Kewilayahan

Adi Haryanto · Jumat, 25 Februari 2022 - 14:02:00 WIB
Terima SE soal Pengeras Suara Masjid, Kemenag Cimahi Susun Peta Dakwah Kewilayahan
Ilustrasi kumandangkan azan. (Foto: Istimewa)

CIMAHI, iNews.id - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cimahi menyusun peta dakwah kewilayahan untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Nomor 5 tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala. Penyusunan peta tersebut untuk mengetahui lebih rinci kondisi lingkungan masyarakat di Kota Cimahi.

"Peta dakwah itu untuk mempetakan wilayah. Misalnya apakah di lingkungan tersebut semua muslim atau ada yang nonmuslimnya. Seperti di perumahan bagaimana, di lingkungan pesantren seperti apa, itu harus dipetakan," kata Kepala Seksi Pembinaan Masyarakat (Binmas), Kantor Kemenag Kota Cimahi, Budi Ali Hidayat, Jumat (25/2/2022).

Pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terkait surat edaran yang mengatur pengeras suara di masjid dan musala itu. Tujuannya jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman di kalangan masyarakat dan menjaga kerukunan sosial umat beragama.

Menurutnya, tindak lanjut surat edaran yang dikeluarkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu nantinya akan digunakan ke dalam sebuah surat yang akan diedarkan ke setiap masjid di Kota Cimahi. Semoga dalam waktu dekat bisa selesai agar bisa diimplementasikan di lapangan. 

"Mudah-mudahan di bulan Maret bisa diimplementasikan, karena saya sudah menginstruksikan agar regulasi ini cepat disosialisasikan," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: