Teganya, Pendamping PKH di Cianjur Embat Uang Keluarga Miskin untuk Beli Motor

Antara ยท Selasa, 26 Januari 2021 - 19:29:00 WIB
Teganya, Pendamping PKH di Cianjur Embat Uang Keluarga Miskin untuk Beli Motor
Pendamping PKH digelandang ke Mapolres Cianjur gegara embat uang keluarga miskin selama dua tahun. Foto: Antara

CIANJUR, iNews.id - Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Cianjur, Jawa Barat, Peri Irawan (33) ditangkap polisi setelah diduga mengelapkan uang keluarga penerima manfaat (KPM) sebesar Rp107 juta selama dua tahun. Pelaku menggunakan uang tersebut untuk membeli kendaraan bermotor dan foya-foya.

Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai di Cianjur, mengatakan, terungkapnya kasus tersebut berawal dari laporan 17 orang penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat ke Mapolsek Sindangbarang beberapa waktu lalu. Dimana nama mereka terdaftar sebagai penerima manfaat, namun tidak pernah menerima uang bantuan.

"Belasan orang tersebut merupakan warga Desa Jayagiri Kecamatan Sindangbarang yang terdaftar sebagai penerima manfaat, namun tidak pernah menerima uang dari program PKH yang dicairkan setiap bulan oleh pelaku yang merupakan pendamping PKH atas nama Peri Irawan," tuturnya.

Sejak diangkat sebagai Pendamping PKH, pelaku tidak pernah menyerahkan buku tabungan dan ATM atas nama 17 orang penerima manfaat. Bahkan ketika ditanyakan, pelaku kerap berdalih kalau penerima tidak mendapatkan bantuan dan sudah dialihkan ke orang lain.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2