Tangkal Paham Radikal, TGB Zainul Majdi Usulkan Ada Intervensi Pendidikan

Arif Budianto ยท Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:09:00 WIB
Tangkal Paham Radikal, TGB Zainul Majdi Usulkan Ada Intervensi Pendidikan
TGB HM Zainul Majdi saat menjadi pembicara dalam webinar. (FOTO: tangkapan layar)

Langkah selanjutnya, tutur TGB, memperbanyak materi pendidikan terkait budaya keagamaan. Bahwa islam tidak hanya soal norma, tapi juga budaya. Saat ini, banyak negara yang melihat Indonesia sebagai negara muslim yang mampu menunjukkan keberagaman. Hal ini menjadi modal bahwa Islam di Indonesia menjadi acuan di penjuru dunia.

TGB menuturkan, benih destruktif terjadi di Islam karena ada ekstremisme dalam agama. Penyebabnya karena salah paham terhadap ajaran agama. Contohnya adalah munculnya paham Khawarij sebagai embrio ekstrimisme Islam. 

Mereka berpatokan bahwa aturan kolektif yang bukan merupakan aturan Allah harus diperangi. "Kesalahpahaman dalam agama ini menjadi faktor ekstrimisme agama, sehingga berujung pada perang saudara," tutur TGB. 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Promosi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Hattah Fattah menyebut, lembaga pendidikan sangat rentan disusupi paham radikal dan ekstrim. Sehingga perlu upaya bersama menangkal paham tersebut sejak dini.

"Sektor pendidikan ini posisinya sangat penting. Bisa menjadi wahana menyadarkan. Tapi satu sisi lembaga pendidikan jadi lembaga yang juga diincar, dalam pengertian untuk mengembangkan paham radikalisme. Lembaga pendidikan potensial diintervensi dan disusupi," kata Hattah Fattah dalam webinar yang sama.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: