Tangkal Paham Radikal, TGB Zainul Majdi Usulkan Ada Intervensi Pendidikan

Arif Budianto ยท Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:09:00 WIB
Tangkal Paham Radikal, TGB Zainul Majdi Usulkan Ada Intervensi Pendidikan
TGB HM Zainul Majdi saat menjadi pembicara dalam webinar. (FOTO: tangkapan layar)

BANDUNG, iNews.id - Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi mengusulkan ada intervensi pendidikan dengan melakukan penyisiran terhadap materi dan tenaga pengajar keislaman di sekolah untuk menangkal paham radikal dan ekstrem. Langkah itu perlu dilakukan agar generasi muda Indonesia sejak dini diajarkan tentang Islam rahmatan lil alamin. 

"Perlu ada intervensi dalam pendidikan. Materi keislaman yang diajarkan di semua jenjang pendidikan harus disisir. Jika 10 tahun ke depan ada generasi kita memiliki pandangan tentang radikalisme, bisa jadi karena sebelumnya dia mempelajari materi tentang paham itu," kata TGB pada acara webinar Literasi Keagamaan Lintas Budaya untuk Mengatasi Ekstremisme Beragama: Menjawab Pesan Kairo dari Konferensi Internasional di Kairo: "Religious Extremism-The Intellectual Premises and Counter Strategies", Kamis, (11/8/2022). 

TGB menyatakan, langkah ini sangat memungkinkan untuk dilakukan. Materi keagamaan yang diajarkan ke anak didik, tidak mengandung ekstrimisme. Karena Islam mengajarkan saling menghormati dan memberi yang terbaik kepada sesama. 

Tak hanya itu, ujar TGB, para guru yang mengajar juga harus dipastikan memiliki pemikiran moderat. Mungkin jika di pesantren tidak masalah, karena sudah diseleksi oleh kyainya. Tapi bagaimana di sekolah negeri dan sekolah yayasan lain?

TGB pun mengusulkan agar kembali digalakkan pendidikan akidah dan akhlak. Karena keyakinan harus diikuti dengan akhlak yang baik. "Jadi bagaimana akidah bisa ditunjukkan dalam hubungan sosial. Sehingga ketika bicara akidah tidak hanya soal norma, tapi juga akhlak," kata TGB yang juga Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia ini. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: