Tak Bisa Ujian karena Nunggak, Mahasiswa UBP Karawang Demo 

Nilakusuma · Selasa, 15 Juni 2021 - 15:59:00 WIB
Tak Bisa Ujian karena Nunggak, Mahasiswa UBP Karawang Demo 
Mahasiswa berunjuk rasa di depan kampus UPB Karawang lantaran tak bisa ujian karena masih nunggak. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Ratusan mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar aksi demo di Gedung Rektorat, Selasa (15/6/2021). Mereka protes karena tidak bisa mengikuti ujian lantaran menunggak biaya kuliah. 

Pihak kampus bisa memberikan keringanan mengikuti ujian,  jika mahasiswa membayar Rp1 juta dari tunggakan.

"Kami kecewa dengan kebijakan rektor yang melarang kami mengikuti ujian karena tunggakan. Padahal dalam situasi pandemi saat ini seharusnya pihak kampus bisa mengerti situasi yangn sedang sulit," kata Wakil Presiden Mahasiswa, Rangga Wijaya.

Menurut Rangga, dalam aksi ini pihak mahasiswa juga mendesak rektorat untuk merealisasikan empat tuntutan lainnya, antara lain, menuntut akses sistem akademik dibuka, tanpa melihat status pembayaran sampai dengan akan pengambilan ijazah, mengevaluasi kinerja bagian akademik, supaya tidak terjadi kembali antrean panjang pengambilan ijazah.

"Kami meminta setiap fakultas hanya dapat membuat peraturan secara khusus, tidak membahas peraturan secara umum," katanya.

Setelah bertahan berjam-jam di depan gedung rektorat akhirnya Rektor UBP Karawang, Dedi Mulyadi mendatangi para mahasiswa.  Menurut Dedi pihaknya menerapkan aturan tegas karena kondisi kampus yang sedang sulit. Tunggakan biaya kuliah mencapai Rp23 miliar yang belum dibayarkan mahasiswa.

"Seharusnya kalian menyadari, kita diatur oleh aturan kampus. Masalah tunggakan sudah mencapai Rp23 miliar. Kalau menuntut hak untuk pendidikan mahasiswa juga kita minta kewajibannya yaitu bayar kuliah," katanya di hadapan mahasiswa.    

Editor : Asep Supiandi