Surat Keterangan Vaksinasi Bakal Jadi Syarat Pelayanan Administrasi di Majalengka

Inin nastain · Jumat, 25 Juni 2021 - 12:41:00 WIB
Surat Keterangan Vaksinasi Bakal Jadi Syarat Pelayanan Administrasi di Majalengka
Tenaga kesehatan di Puskesmas Kadipaten, Kabupaten Majalengka menjalani tes swab PCR setelah tujuh nakes positif Covid-19. (Foto: iNews/Zeni Johadi)

MAJALENGKA, iNews.id - Pemkab Majalengka memberi peringatan tegas kepada warga yang tak mau mengikuti vaksinasi Covid-19. Mereka harus ikut vaksinasi lantaran Bupati berencana menjadikan surat keterangan vaksinasi sebagai syarat untuk beberapa program pelayanan.

Hal itu disampaikan langsung Bupati Karna Sobahi kepada wartawan, lewat pesan tertulisnya. Di tengah masa Isolasi Mandiri (Isoman) di rumah dinas. Karna menegaskan pendekatan persuasif dan partisipatif masih jadi prioritas pemerintah dalam upaya mempercepat vaksinasi itu.

“Namun bila terjadi keengganan dan penolakan, dalam waktu dekat Pemda Majalengka akan mengeluarkan Instruksi Bupati menindaklanjuti Perpres 14 tahun 2021,” kata Karna kepada wartawan dalam pesan terulisnya, Jumat (25/6/2021).

Inti dari kebijakan itu, jelas dia, di antaranya setiap bantuan, baik dari APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kabupaten seperti Bansos dan Hibah akan dipersyaratkan untuk menyantumkan keterangan sudah divaksin. “Atau pelayanan Adminduk, perijinan, keterangan  bantuan perorangan dan kempok dengan membawa sertifikat vaksinasi,” ujar dia.

Sementara, program vaksinasi terus dilakukan berbagai kalangan. Kemarin, Kodim 1897/Majalengka menggelar vaksinasi massal di kampus UNMA. Rencananya, Sabtu (26/6/2021) besok juga akan dilaksanakan vaksinasi massal di GGM (Gelanggang Generasi Muda).

Editor : Asep Supiandi