Kasus Covid-19 Tinggi, Wagub Jabar Usulkan Tasikmalaya Lockdown 

Asep Juhariyono · Jumat, 25 Juni 2021 - 08:33:00 WIB
Kasus Covid-19 Tinggi, Wagub Jabar Usulkan Tasikmalaya Lockdown 
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau RSUD  dr Soekardjo Tasikmalaya. (Foto: iNewsTv/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Wagub Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengusulkan penerapan lockdown di Tasikmalaya. Opsi ini akan segera diusulkan ke Gubernur menyusul tingginya kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

Tingginya kasus Covid-19 dapat terlihat dari peningkatan tingkat keterisian rumah sakit yang signifikan, bahkan sebagian sudah penuh. Selain itu juga kasus kematian yang cukup tinggi. 

Hal itu disampaikan Wagub saat melakukan kunjungan kerja ke RSUD dokter Soekardjo Tasikmalaya pada Kamis (24/6/2021). Dalam kunjungannya itu pun dia meninjau secara langsung penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut.

Dia menyatakan, akan menyampaikan usulan opsi lockdown itu ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Karena penerapan PPKM mikro seperti saat ini dinilai kurang efektif untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19.

"Pada saat penerapan lockdown nanti, pemerintah akan menyuplai bantuan sosial untuk warga yang terdampak," kata Uu. 

Opsi lockdown itu direncanakan bukan tanpa alasan, karena dalam beberapa pekan terakhir sejumlah keterisian rumah sakit di  Jawa Barat termasuk di Tasikmalaya terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Meski Wagub meminta opsi lockdown, kebijakan itu hanya bisa diterapkan oleh gubernur. Maka, dia akan segera mengadakan rapat dengan Gubernur untuk membahasnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2