Sungai Cikidang dan Citanduy Tasikmalaya Meluap, Ratusan Rumah Kebanjiran

Asep Juhariyono · Rabu, 13 Januari 2021 - 10:00:00 WIB
Sungai Cikidang dan Citanduy Tasikmalaya Meluap, Ratusan Rumah Kebanjiran
Ratusan rumah warga di dua kampung direndam banjir akibat Sungai Cikidang dan Citanduy meluap. (Foto: iNewsTv/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sejak Selasa (12/1/2021) siang hingga malam, mengakibatkan air Sungai Cikidang dan Citanduy, meluap. Dampaknya, ratusan rumah di dua kampung, Desa Tanjungsari terendam banjir.

Air menggenangi permukiman warga Kampung Bojong Soban dan Hegarsari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya dengan ketinggian hingga 50 sentimeter (cm), sejak malam. Sampai saat ini, air banjir belum juga surut. 

Selain permukiman, banjir juga merendam puluhan hektare sawah dan jalan. Dikawatirkan jika banjir tidak segera surut, petani bisa gagal panen. Meski banjir yang meredam pemukiman, namun warga kedua kampung tidak sampai mengungsi.

Akses jalan penghubung antardesa terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua. Sejumlah pengendara motor yang mencoba melintasi bajir, terpaksa harus balik arah/ dan mencari jalan alternatif yang lebih jauh jaraknya. 

Editor : Agus Warsudi