Sungai Cibeet dan Citarum Meluap, 3 Desa di Karawang Terendam Banjir

Nilakusuma ยท Selasa, 25 Mei 2021 - 20:57:00 WIB
Sungai Cibeet dan Citarum Meluap, 3 Desa di Karawang Terendam Banjir
Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, saat meninjau langsung warga terdampak banjir di Kecamatan Telukjambe Barat. (Foto: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id -  Banjir  melanda tiga desa di Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/5/2021).  Ratusan jiwa terpaksa mengungsi ke tempat aman lantaran air sudah merendam setinggi pinggang orang dewasa. 

Malam ini, Pemkab Karawang menerjun tim Badan Penanggulangan Bencama Daerah (BPBD) untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak banjir

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, mengatakan banjir melanda tiga wilayah, yaitu Desa Karangligar, Mulyajaya dan Mekarmulya di Kecamatan Telukjambe Barat. Penyebab banjir akibat luapan Sungai Cibeet dan Citarum ke perumahan warga. 

"Air dari kedua sungai itu meluap hingga keperumahan warga. Laporan sementara sudah ratusan jiwa yang terdampak," kata Aep.

Banjir paling parah melanda Desa Karangligar karena banjir merendam setinggi pinggang orang dewasa. Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi karena air semakin tinggi. 

"Kita sudah minta BPBD untuk menyisir lokasi banjir dan membantu warga untuk evakuasi di lokasi paling dalam," ujarnya.

Menurut Aep, pemerintah langsung terjun ke lokasi banjir membantu warga. Selain itu pemerintah sudah menyiapkan logistik dan obat-obatan yang dibutuhkan. 

"Langkah pertama yang kita lakukan adalah membantu korban banjir. Pemerintah harus menjamin kebutuhan logistik, obatan-obatan dan kebutuhan warga. Ada ratusan jiwa yang terdampak, kita berharap banjir tidak meluas seperti banjir sebelumnya," kata Aep saat mengunjungi warga yang terdampak dibanjir.  

Editor : Asep Supiandi