Stok di Jabar Semakin Menipis, Vaksin Meningitis Jemaah Haji Dialihkan untuk Umrah

Agung Bakti Sarasa ยท Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:30:00 WIB
Stok di Jabar Semakin Menipis, Vaksin Meningitis Jemaah Haji Dialihkan untuk Umrah
Dinkes Jabar meminta Kemenkes untuk menambah pasokan vaksin meningitis menyusul menipisnya stok vaksin meningitis di Jabar. (Foto: Ilustrasi/Dok)

BANDUNG, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar merelokasi vaksin meningitis yang diperuntukkan jemaah haji kepada jemaah umrah. Langkah tersebut menyusul semakin menipisnya stok vaksin meningitis yang mengakibatkan jemaah umrah di Jabar kesulitan mendapatkan vaksin sebagai salah satu syarat perjalanan umrah.

Meski begitu, Dinkes Jabar memastikan bahwa langkah tersebut hanya bersifat sementara. Pasalnya, Dinkes Jabar akan segera berkoordinasi dengan pihak produsen, yakni PT Biofarma untuk memastikan produksi dan distribusi vaksin meningitis berikutnya.

"Di Jawa Barat jumlah vaksin meningitis sedang sangat menipis. Masyarakat memang mengalami kesulitan mendapatkan vaksin meningitis di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) imbas dari penundaan waktu ibadah haji selama 2,5 tahun," kata Kepala Dinkes Jabar, Nina Susana Dewi, Kamis (6/10/2022). 

"Selain itu, pengurangan kuota jemaah 2022 yang menyebabkan meningkatnya jumlah masyarakat yang akan umrah dan tidak adanya produksi vaksin meningitis selama pandemi," ujar Nina memaparkan penyebab menipisnya vaksin meningitis di Jabar. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: