Heboh Buku Pelajaran Kutip Situs Mesum, Guru: Kemendikbud Harus Hati-Hati Beri Izin

Arif Budianto · Rabu, 10 Februari 2021 - 10:26:00 WIB
Heboh Buku Pelajaran Kutip Situs Mesum, Guru: Kemendikbud Harus Hati-Hati Beri Izin
Salah satu halaman dalam buku sosiologi yang mengambil sumber keterangan dari situs mesum. (Foto: Istimewa) 

BANDUNG, iNews.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diminta lebih berhati-hati dalam memberikan izin kepada penerbit yang membuat buku mata pelajaran siswa. Sehingga, kasus kutipan situs mesum pada mata pelajaran sosiologi tidak terulang lagi. 

Ketua Guru Mata Pelajaran Sosiologi Jawa Barat, Iwan Hermawan meminta kasus buku mata pelajaran yang mengutip situs mesum mesti menjadi pelajaran berharga. Sikap kehati-hatian dalam memberi izin dan menerbitkan buku bisa lebih diperketat lagi. 

"Kemendikbud kami minta berhati-hati dalam memberi izin penerbitan buku mata pelajaran, apalagi yang merujuk ke situs tertentu," kata Iwan, Rabu (10/2/2021). 

Diberitakan sebelumnya, buku mata pelajaran Sosiologi kelas III SMA mengutip situs mesum. Situs tersebut dipromosikan dan ditulis secara lengkap pada mata pelajaran yang menginformasikan Kampung Naga, Tasikmalaya. Tertulis bahwa informasi kampung Naga merujuk pada situs XXXXX. 

"Para penulis atau penerbit buku, jangan gunakan rujukan dari situs yang tidak jelas. Gunakan rujukan dari situs yang bersumber dari pemerintah dan kredibel," ujar Iwan.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2