Semakin Semrawut, PKL di Tegalega Kota Bandung Segera Ditertibkan

Arif Budianto · Minggu, 28 Februari 2021 - 12:00:00 WIB
Semakin Semrawut, PKL di Tegalega Kota Bandung Segera Ditertibkan
Wakil Wali Kota Bandung yang juga Ketua Satgas PKL Kota Bandung, Yana Mulyana. (Foto: Istimewa) 

BANDUNG, iNews.id - Pemkot Bandung bakal menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Lapangan Tegalega, Kota Bandung. Penertiban akan segera dilakukan karena kondisi di kawasan tersebut sudah semakin semrawut. 

"Kalau tidak ditangani secara menyeluruh khawatir para PKL ini akan sampai menutupi Jalan Otista," ujar Wakil Wali Kota Bandung yang juga Ketua Satgas PKL Kota Bandung, Yana Mulyana, Minggu (28/2/2021).

Diketahui, PKL di sekitar kawasan Tegalega, Kota Bandung sudah semakin menjamur. Keberadaan PKL terkadang cukup banyak, baik di Jalan Otto Iskandardinata dan Jalan M Toha. Pada jam tertentu, PKL di kawasan tersebut bahkan nyaris menutupi seluruh bahu jalan. Tak jarang menjamurnya PKL menimbulkan kemacetan lalu lintas. 

Pemkot Bandung, kata dia, telah meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk mengawasi dan menindak para PKL sesuai aturan. Namun, pihaknya akan mengkaji bersama OPD terkait regulasinya. 

Juga akan diperkuat dengan aturan peraturan wali kota (perwal), Perda dan Instruksi Mendagri terkait fasilitas umum yang menimbulkan potensi kerumunan, bisa saja ditutup. Kendati begitu, kata dia, penataan bisa lebih fokus dan bisa mengakomodasi berbagai kepentingan. 

Editor : Asep Supiandi