Pergerakan Tanah Meluas di Purwakarta, Rumah Rusak Terus Bertambah Jadi 120

Didin Jalaludin ยท Sabtu, 27 Februari 2021 - 20:17:00 WIB
Pergerakan Tanah Meluas di Purwakarta, Rumah Rusak Terus Bertambah Jadi 120
Salah satu rumah warga yang ambruk akibat pergerakan tanah di Purwakarta, Jabar, Sabtu (Foto: SINDOnews/Didin Jalaludin)

PURWAKARTA, iNews.id - Bencana pergerakan tanah terus meluas di Kempung Cirangkong, Desa Pasangrahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar). Jumlah rumah yang rusak di perkampungan di kaki Gunung Parang tersebut pun terus bertambah. 

Kepala Desa Pasangrahan Yadi Supriyadi mengatakan, dari pendataan mereka, jumlah rumah rusak sudah mencapai 120 rumah, yang sebelumnya 116 rumah. Dari jumlah itu, 79 unit rusak berat rata dengan tanah sisanya 41 unit rusak ringan. Seluruh rumah yang terdampak bencana alam ini sudah dilarang untuk ditempati menyusul pergerakan tanah yang masih terus terjadi.

"Adapun jumlah warga yang jadi korban sebanyak 532 orang dari 150 kepala keluarga. Dari jumlah itu 345 orang sudah tinggal dipengungsian. Sisanya ada yang tinggal di rumah kerabatnya. Bahkan juga ada yang bertahan sekitar rumah mereka dengan alasan menjaga barang-barang dan memiliki hewan ternak," kata Yadi Supriyadi di kantor desanya, Sabtu (27/2/2021).

Dia menambahkan, dari 532 orang korban bencana pergerakan tanah itu terdapat 53 balita, 31 lansia dan 4 orang ibu hamil. Data tersebut sudah dilaporkan dan diharapkan mendapat perlakuan khusus dari Pemkab Purwakarta. Apalagi para korban ada yang tinggal di tenda pengungsian. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2