Selama Belajar Daring, Belum Ada Laporan Siswa di Cimahi Kecanduan Gadget

Adi Haryanto ยท Kamis, 25 Maret 2021 - 20:58:00 WIB
Selama Belajar Daring, Belum Ada Laporan Siswa di Cimahi Kecanduan Gadget
Foto : Ilustrasi

CIMAHI, iNews.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi belum menerima laporan siswa didik kecanduan gadget (adiksi) selama pelaksanaan belajar daring. Pengecekan terhadap siswa terus dilakukan untuk memastikan tidak adanya kasus adiksi. 

"Kami sudah melakukan pengecekan ke sekolah, dan tidak ada yang adiksi bahkan hingga berhenti sekolah di Cimahi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono, Kamis (25/3/2021).

Dia mengatakan, dari laporan kepala sekolah sejauh ini tidak ada siswa SMP baik negeri maupun swasta yang kecanduan game online sampai berhenti sekolah. Termasuk juga yang sedang menjalani perawatan atau rehabilitasi di rumah sakit. 

"Tidak ada laporan, sudah dicek ke sekolah, komite sekolah, dan juga orang tua. Yang rehabilitasi juga gak ada," ujarnya. 

Jika sebelumnya beredar ada siswa SMP di Cimahi yang mengalami kecanduan game online sampai harus berhenti sementara dari sekolah, dia menyebutkan, mungkin saja mereka yang bukan sekolah di Cimahi. 

Misalnya warga Cimahi yang sekolah di Kota Bandung atau Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang memang bertetangga dengan Kota Cimahi. Sehingga tidak tercatat di sekolah yang ada di wilayah Kota Cimahi, walaupun berharap kejadian tersebut tidak ada. 

Dirinya tidak memungkiri dampak dari gawai, apalagi ditambah dengan aktivitas pembelajaran daring membuat anak terbiasa menggunakan HP. Terkadang anak bukan hanya sekadar belajar, tapi malah dimanfaatkan untuk bermain game, aktif di media sosial, dan sebagainya.

"Ini menjadi tantangan bagi kami, sekolah, dan orang tua, agar anak tidak kecanduan gadget, dan hanya menggunakan HP untuk kegiatan produktif atau untuk belajar," ucapnya.

Editor : Asep Supiandi