Sekolah Dasar Terbakar Hebat, 25 Murid Meninggal di Dalam Kelas

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 09 November 2021 - 08:06:00 WIB
Sekolah Dasar Terbakar Hebat, 25 Murid Meninggal di Dalam Kelas
Ilustrasi kebakaran (iNews.id)

NIAMEY, iNews.id – Sebanyak 25 murid meninggal di dalam kelas akibat bangunan sekolah dasar (SD) yang mereka gunakan untuk kegiatan belajar mengajar terbakar hebat. Korban tak sempat menyelamatkan diri saat api berkobar, melumat bangunan SD beratap jerami tersebut.

Peristiwa tragis ini terjadi Kota Maradi, berjarak lebih dari berjarak lebih dari 600 km sebelah timur Niamey, ibu kota Nigeria, Senin (8/11/2021). 

Selain merenggut nyawa 25 murid, peristiwa ini juga menyebabkan 14 anak mengalami luka bakar, lima di antaranya kritis. Kepolisian Kota Maradi Nigeria masih menyelidiki asal api penyebab kebakaran tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Wilayah Maradi Maman Hdi mengatakan, otoritas setempat telah menangguhkan kegiatan belajar mengajar di wilayah itu. 

Pemerintah juga menetapkan tiga hari berkabung di Kota Maradi. “Untuk saat ini kami belum bisa menyebutkan dari mana api berasal,” kata Maman Hdi dikutip Reuters, Selasa (9/11/2021).

Sepanjang tahun ini, sudah dua kali terjadi peristiwa kebakaran yang menewaskan murid dalam ruang kelas di Nigeria. Pada April 2021 lalu, sebanyak 20 anak PAUD tewas terbakar di dalam ruang kelas mereka di Niamey.

Dewan Menteri Niger menyatakan, setelah insiden itu, kegiatan pendidikan tidak boleh lagi diadakan di kelas-kelas beratapkan jerami.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: