Satpol PP Bandung Rutinkan Patroli di Masjid-Masjid untuk Cegah Munculnya Crosshijaber

Billy Maulana Finkran ยท Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:45 WIB
Satpol PP Bandung Rutinkan Patroli di Masjid-Masjid untuk Cegah Munculnya Crosshijaber
Satpol PP Bandung menggelar patroli di masjid-masjid Bandung. (Foto: iNews/Billy Maulana Fikran).

BANDUNG, iNews.id - Anggota Satpol PP mendatangi masjid di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), untuk mengantisipasi adanya crosshijaber yang menyusup di antara jemaah perempuan. Mereka memantau saf perempuan dan toilet khusus wanita, memantau adanya aktivitas perilaku menyimpang tersebut.

Pantauan iNews, sejumlah personel Satpol PP perempuan diturunkan untuk ikut membaur di antara para jemaah wanita. Mereka ikut aktivitas kajian sambil memeriksa sekeliling masjid, memastikan tidak ada hal-hal yang berpotensi meresahkan warga.

"Kami memang menyebar mojang Satpol PP untuk membaur dengan jemaah, mengantisipasi adanya crosshijaber yang masuk ke dalam barisan perempuan," kata Kabid Tantibum Satpol PP Kota Bandung, Taspen, kepada wartawan di Masjid Raya Jabar di Alun-Alun Kota Bandung, Jumat (18/10/2019).

BACA JUGA: Fenomena Crosshijaber, Pemkot Bandung Akan Tingkatkan Pengawasan di Tempat Ibadah

Pengawasan para mojang Satpol PP ini dilakukan dengan mendatangi tempat wudu serta toilet perempuan. Lokasi ini dipilih lantaran ada informasi bahwa crosshijaber yang merupakan laki-laki, turut menggunakan fasilitas khusus wanita di masjid-masjid.

Menurut dia, fenomena crosshijaber ini harus diwaspadai oleh jajaran Pemerintah Kota Bandung, termasuk masyarakat sekitar. Sebab, mereka yang kerap menyamar menjadi perempuan, tidak menutup kemungkinan akan melakukan tindakan kriminal.

BACA JUGA: Viral Fenomena Crosshijaber Resahkan Perempuan di Bandung

"Memang bisa saja mereka ini (crosshijaber) malah melakukan aksi kriminal yang menyasar para perempuan yang sedang beribadah," ujar dia.

Fenomena crosshijaber menjadi topik yang marak diperbincangkan di media sosial belakangan ini. Kota Bandung menjadi salah satu tempat berkumpulnya komunitas yang dinilai menyimpang tersebut. Karena itulah, Satpol PP pun akan merutinkan patroli di masjid-masjid besar yang ramai dikunjungi jemaah.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal