Satgas Citarum Harum Sulap Sungai Mati Jadi Lahan Produktif, Berkali-kali Panen

Dila Nashear · Jumat, 18 November 2022 - 10:22:00 WIB
Satgas Citarum Harum Sulap Sungai Mati Jadi Lahan Produktif, Berkali-kali Panen
Satgas Citarum Harum tengah melakukan perawatan komoditas pangan di bantaran Sungai Citarum sektor 6, Bojongsoang, Kabupaten Bandung. (Foto: iNews.id/Dila Nashear)

BANDUNG, iNews.id - Satgas Citarum Harum menyulap lahan kumuh di sektor 6 bantaran sungai Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, menjadi produktif.  Mereka berupaya bahu membahu mewujudkan ketahanan pangan demi membantu ekonomi warga, tidak semata menanggulangi pencemaran sungai.

Diketahui, kawasan Sungai Citarum sektor 6 tepatnya di Desa Bojongsari, merupakan aliran sungai mati lantaran ada penggalan dari sungai utama, sehingga kini lebih dikenal dengan Oxbow Bojongsoang.

Lantaran sering dianggap daerah aliran sungai mati, kawasan ini pun kerap menjadi titik pembuangan sampah oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Dalam beberapa tahun ke terakhir sering menjadi titik banjir hingga kondisinya memprihatinkan.

Danki Satgas Citarum Harum Sektor 6, Pelda Muhammad Guruh membenarkan sebelum bisa ditanami lahan di bantaran sungai yang menjadi kewenangannya ini dalam kondisi kumuh dan kritis karena telah bertahun-tahun dipenuhi dengan timbunan sampah.

"Tetapi setelah ada formula khusus yakni cairan Bios 44 yang merupakan program dari Kodam III/Siliwangi untuk menyuburkan tanah akhirnya beberapa tanaman pertanian pun tumbuh dengan baik," kata Guruh kepada MNC Portal, Jumat (18/11/2022).

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: