Sapinya Terpilih Jadi Kurban Presiden, Ini Kata Peternak di Lembang KBB

Yuwono Wahyu ยท Senin, 19 Juli 2021 - 08:23:00 WIB
Sapinya Terpilih Jadi Kurban Presiden, Ini Kata Peternak di Lembang KBB
Agus Sumartono (kiri) menunjukkan sapi simental miliknya yang terpilih jadi kurban Presiden Jokowi. (Foto: iNews/Yuwono Wahyu)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Seekor sapi jenis simental milik peternak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat jadi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sapi jantan berbobot 1 ton itu akan dikurbankan saat Idul Adha di Bandung Barat.

Sapi simental berkulit cokelat dan putih ini bertubuh gempal, bersih, sehat dan lincah. Saking beratnya, sang pemilik dan satu orang pekerja kewalahan saat berusaha mengeluarkan sapi itu dari kandang.

Agus Sumartono, peternak mengatakan, sapi simental itu berusia 3,5 tahun. Sebelum terpilih jadi sapi kurban Presiden Jokowi, sapi ini telah melalui tahap pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat. 

"Ada pemeriksaan dari dinas peternakan ya. Darah dan fesesnya diperiksa. Kebersihan kandang dan sapi juga jadi salah satu penilaian," kata Agus Sumartono ditemui di peternakannya, Senin (19/7/2021). 

Untuk merawat sapi hingga sehat dan berbobot satu ton, ujar Agus, pola makan disesuaikan. Kebersihan juga diperhatikan. Sebab, jika kadang tidak bersih nanti sapi bisa sakit.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: