Rokhmin Dahuri Yakin Sektor Ini Jadi Solusi Krisis Ekonomi akibat Pandemi

Agung Bakti Sarasa ยท Selasa, 15 Juni 2021 - 10:28:00 WIB
Rokhmin Dahuri Yakin Sektor Ini Jadi Solusi Krisis Ekonomi akibat Pandemi
Ketua Umum MAI Pusat, Rokhmin Dahuri (berbatik) melantik pengurus Korda MAI Jabar periode 2020-2024, Senin (14/6/2021). (Foto: iNews.id/Agung Bakti Sarasa)

Oleh karenanya, Rokhmin berharap, pengurus baru Korda MAI Jabar si bawah kepemimpinan MQ Iswara mampu berkolaborasi dengan Pemprov Jabar, dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar untuk melahirkan kebijakan-kebijakan yang berpihak pada pengembangan akuakultur di Jabar. 

"Jadi saya berharap dengan tandem Pak Iswara selaku Ketua Korda MAI Jabar, Pak Hermansyah selaku Kepala DKP Jabar, dan saya selaku Ketum MAI Pusat, segala macam kebijakan yang sifatnya berpihak untuk akuakultur bisa kita gelontorkan," katanya. 

Ketua Korda MAI Jabar, MQ Iswara menyatakan, siap menjadi mitra strategis Pemprov Jabar dalam pengembangan sektor akuakultur. Iswara pun yakin, dengan potensi yang berlimpah, akuakultur dapat menjadi solusi keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Secara geografis, Jabar memiliki garis pantai sekitar 805 km dimana 370 km berada di pantai utara dan 435 km berada di pantai selatan. Ini sebuah potensi yang sangat luar biasa, di utara ada Laut Jawa dan di Selatan ada Samudera Indonesia," sebutnya. 

Tidak hanya itu, dengan luas wilayah yang mencapai 3,4 juta hektare, produksi perikanan di Jabar pun sangat besar. Saat ini saja, kata Iswara, perikanan tangkap di Jabar mencapai 250.000 ton dan perikanan budidaya 1,2 juta ton per tahun. 

"Ini sebuah angka yang luar biasa, apalagi kalau dioptimalkan, khususnya di masa pandemi Covid-19. Kami yakin, perikanan budidaya atau akuakultur dapat menjadi solusi," ujarnya. 

Iswara menambahkan, pihaknya sudah mengumpulkan data sektor akuakultur di Jabar dan akan segera berkoodinasi dengan DKP Jabar untuk berbagi peran. Sesuai arahan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, kata Iswara, pengembangan akuakultur di Jabar akan menerapkan konsep pentahelix. 

"Kami akan berbagi porsi peran, mana yang akan dikerjakan oleh dinas, akademisi, MAI, private sector, dan seterusnya," katanya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3