Ridwan Kamil Tetapkan Tari Merak Dipentaskan di Berbagai Acara Formal di Jabar

Antara ยท Senin, 19 September 2022 - 06:49:00 WIB
Ridwan Kamil Tetapkan Tari Merak Dipentaskan di Berbagai Acara Formal di Jabar
Pemprov Jabar menggelar Tari Merak di halaman Gedung Sate. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menetapkan Tari Merak sebagai tarian yang dipentaskan di seluruh acara formal di Jawa Barat. (FOTO: ANTARA)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil menetapkan Tari Merak menjadi tarian yang dibawakan dalam berbagai kegiatan formal di Jawa Barat. Penetapan Tari Merak Sadunya (Sedunia) ini menjadi langkah awal yang positif dalam melestarikan salah satu budaya Jabar.
 
"Kami gunakan Tari Merak di berbagai kesempatan dan agenda di Jabar," ujar Ridwan Kamil di sela Acara Merak Sadunya, Gotong Royong Perempuan Merawat Nusantara di Gedung Sate Kota Bandung, Minggu (18/9/2022).

"Hari ini kita ada kegiatan luar biasa yaitu gerakan Merak Sadunya (Sedunia) untuk melestarikan satu budaya Jawa Barat. Kedua, mensyukuri penganugerahan Tari Merak sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, juga dirangkaikan dengan Hari Perdamaian Dunia," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya.
 
Gerakan ini, Kang Emil, dapat dijadikan momentum saling menguatkan kebudayaan tradisional di Jawa Barat. "Nah saya sangat bahagia, kenapa? Karena Jawa Barat secara umum prestasinya sangat baik, di bidang ekonomi juga punya banyak. Momentum untuk menguatkan kebudayaan-kebudayaan tradisional," tuturnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: