Ridwan Kamil Teken Pergub terkait Denda Tak Pakai Masker

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 08:49 WIB
Ridwan Kamil Teken Pergub terkait Denda Tak Pakai Masker
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Foto: iNews/Juhpitameilana)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menandatangani Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Pelanggaran Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Dalam aturan itu warga tidak memakai masker kena sanksi dan denda.

"Saya sudah tanda tangani pergub sanksi dan denda tidak pakai masker, sebagai upaya bisa melaksanakan kembali ekonomi, tapi menjaga kewaspadaan," kata Ridwan Kamil di Bandung, Senin (27/7/2020).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar itu mengatakan pemakaian masker sangat penting pada masa AKB. Saat kegiatan ekonomi dibuka bertahap dan masyarakat mulai beraktivitas, penggunaan masker dapat menekan risiko penularan Covid-19 di ruang publik.

Pemberlakuan sanksi tersebut bertujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat terapkan protokol kesehatan di ruang publik. Sebab, kedisiplinan masyarakat amat penting dalam pencegahan penularan Covid-19.

"Kalau ekonomi mau jalan kembali, warga dan kita semua disiplin untuk mengurangi penyebaran virus. Itu yang kita tegakkan," ujar pria disapa Kang Emil.


Editor : Faieq Hidayat