Ridwan Kamil Siapkan Lahan 8 Hektare untuk Padepokan Silat Jabar di Jatinangor

Agung Bakti Sarasa ยท Selasa, 13 September 2022 - 10:27:00 WIB
Ridwan Kamil Siapkan Lahan 8 Hektare untuk Padepokan Silat Jabar di Jatinangor
Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto melantik pengurus IPSI Jabar masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022). (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berjanji menyiapkan lahan seluas 8 hektare untuk lokasi pembangunan padepokan silat di Jabar. Padepokan silat itu akan dibangun di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. 

Bahkan, Ridwan Kamil bakal mendesain arsitektur bangunan padepokan silat tersebut. Janji tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jabar masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022). 

"Pencak Silat di Jawa Barat adalah budaya nomor satu. Kami lestarikan dalam bentuk kurikulum, dalam rencana membuat padepokan di Jatinangor. Kita lestarikan dengan mengumandangkan hari Pencak Silat Jabar 12 Desember," kata Ridwan Kamil. 

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan, Provinsi Jabar berupaya menjadi yang terdepan dalam memfasilitasi berbagai macam olahraga, termasuk pencak silat yang kerap meraih prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. "Kontingen (Pancak Silat) Jabar berhasil menjadi juara umum baik di PON maupun di perhelatan internasional," ujar Kang Emil.

Bahkan, tutur Kang Emil, Pemprov Jabar pun ikut melobi Unesco agar pencak silat yang merupakan bagian seni budaya itu diakui Unesco sebagai warisan budaya tak benda. "Termasuk kami yang mencintai silat ini melobi Unesco beberapa tahun lalu, sampai akhirnya Unesco menganugerahi warisan budaya dunia," tuturnya. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: