Ridwan Kamil Pastikan Bandara Kertajati Siap Jadi Embarkasi Haji Jabar

Antara · Senin, 26 September 2022 - 09:05:00 WIB
Ridwan Kamil Pastikan Bandara Kertajati Siap Jadi Embarkasi Haji Jabar
Bandara Kertajati. (Foto: Dok. Angkasa Pura II)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memastikan Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, siap menjadi embarkasi haji untuk calon haji asal Provinsi Jabar. Sarana prasarana penunjang pemberangkatan jemaah haji telah dipersiapkan.

"Berkaitan dengan pertanyaan dari Fraksi Golkar dan Fraksi PAN dalam rapat paripurna (DPRD Jabar) beberapa hari lalu, terkait dengan sarana prasarana Bandara Kertajati, Majalengka dan Asrama Haji Indramayu sebagai embarkasi, dapat disampaikan bahwa Bandara Kertajati telah siap," kata Ridwan Kamil, Minggu (25/9/2022).

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar menyatakan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan Asrama Haji Indramayu, ditetapkan sebagai embarkasi haji melalui keputusan Menteri Agama RI Nomor 989 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Menteri Agama Nomor 124 Tahun 2016 tentang Penetapan Embarkasi dan Debarkasi Haji pada diktum kesatu nomor 13 bahwa Bandara Internasional Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji untuk wilayah Jawa Barat.

Saat ini, Kang Emil berharap jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) bisa segera dioperasikan agar bisa menunjang akses warga ke BIJB Kertajati. Melalui jalan tol ini, warga Bandung hanya butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke Bandara Kertajati. "Mudah-mudahan Tol Cisumdawu tembus dan itu akan mengubah nasib Kertajati," ujar Kang Emil.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: