Ridwan Kamil Nilai Warga Jabar Wujudkan Semangat Sabilulungan saat Pandemi

Agung Bakti Sarasa · Rabu, 14 Juli 2021 - 21:58:00 WIB
Ridwan Kamil Nilai Warga Jabar Wujudkan Semangat Sabilulungan saat Pandemi
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menjenguk pasien Covid-19 yang sedang isoman di Desa Wangunharja, Lembang, KBB, Rabu (14/7/2021). (Foto/Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat menilai sikap gotong royong warga Jabar tinggi di tengah situasi serba sulit akibat pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air, termasuk Jabar lebih dari 1,5 tahun terakhir. Bahkan, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menyebutkan, warga Jabar mewujudkan semangat sabilulungan, silih asah, asih, dan asuh.

Peningkatan sikap baik itu ditandai dengan banyak sumbangan yang diterima untuk menolong masyarakat yang terpapar Covid-19. "Gotong royong warga Jawa Barat sangat tinggi dan lebih baik di saat pandemi. Kami mendapat banyak sumbangan untuk disalurkan setiap hari," kata Ridwan Kamil saat menjenguk pasien Covid-19 yang tengah isolasi mandiri (isoman) di Ujungberung, Kota Bandung, Rabu (14/7/2021). 

Itu menandakan, ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sikap saling tolong menolong dalam urusan keselamatan nyawa adalah semangat sabilulungan, silih asih, silih asah, silih asuh (gotong royong, saling mencerdaskan, membimbing, menyayangi) yang merupakan ciri khas rakyat Jawa Barat.

Kang Emil menyatakan, pandemi Covid-19 merupakan penyakit kepadatan. Oleh karena itu, masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: